Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4 - 5 Tahun Melalui Media Boneka Tangan Gambar
Abstract
Kemampuan berbicara merupakan bagian dari perkembangan bahasa yang penting pada anak usia dini .Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang peningkatan keterampilan berbicara anak melalui media boneka tangan pada anak usia 4-5 tahun .Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi , tanya jawab,dan dokumentasi.Subyek pada penelitian penelitian dalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 12 anak dan guru kelas.Untuk menganalisis data ,peneliti menghitung persentase tingat keberhasilan dari aktivitas guru ,aktivitas anak,dan keterampilan berbicara dengan standar ketercapaian 80% .Hasil penelitian ini melaporkan dalam penelitian terjadi peningkatan persentase ketercapaian sebesar 90% di siklus II padaaktivitas guru,pada aktivitas anak sebesar 80% di siklus II ,sedangkan pada kemampuan anak sebesar 90% di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan berbicara melalui boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun.,kemampuan berbicara anak menunjukkan peningkatan dalam menyebutkan kosakata dengan jelas dan dapat membuat kalimat sederhana dengan cara yang menyenangkan,tidak mudah bosan karena terlibat aktif dalam pembelajaran.Penelitian ini tidak bisa digenerasikan untuk semua lembaga k=,karena setiap anak memiliki latar belakangperkembangan bahasa yang berbeda sehingga hasil peningkatan tidak sama ,terdapat anak yang mempunyai gangguan berbicara. Kegiatan berbicara melalaui media boneka tangan tidak menjamin semua aspek berbicara terstimulasi dengan baik sepertikemampuan menyusun kalimat sederhanamasih terbatas.
Downloads

