Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Modifikasi untuk Meningkatkan kemampuan Kognitif di Kelompok B PPT Merah Putih
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah Upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak usia 3 - 4 tahun. Tujuan dari pembinaan ini adalah mendukung pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mental anak sehingga mereka siap memasuki pendidikan lebih lanjut. Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD menjelaskan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap pendidikan yang sangat penting dan mendasar bagi anak-anak yang berusia dibawah 6 tahun. Pada tahap ini, anak-anak berada dalam periode emas perkembangan, di mana mereka memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap informasi dan mempelajari hal-hal baru. Anak Usia Dini (PAUD) berfokus pada pembentukan dasar-dasar yang diperlukan untuk kognitif, sosial, emosional, dan fisik anak. Tujuan dari permainan ular tangga adalah menjadi yang pertama mencapai kotak terakhir di papan. Selain menyenangkan, permainan ini juga mengajarkan keterampilan berhitung dan pengambilan keputusan kepada pemain, terutama anak-anak. Media pembelajaran permainan ular tangga yang dikembangkan oleh peneliti diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, pengembangan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran dianggap bisa berperan besar terhadap media pembelajaran kedepan nanti. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan. hasil yang diperoleh pada setiap siklus, dimana pada pra-siklus yang didapat sebesar 33%, siklus I yangg didapat sebesar 53%, sedangkan pada siklus II yang didapat sebesar 87%. Peningkatan ini juga mencerminkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan oleh peneliti telah tercapai. Dengan demikian, siklus II berhasil memenuhi target yang diharapkan, yaitu meningkatkan kemampuan kognitif anak secara signifikan melalui kegiatan mengenal bilangan dengan menggunakan media permainan ular tangga modifikasi.
Downloads
Published
Issue
Section

