Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Dengan Metode Fonik

Authors

  • kusniyawati kusniyawati unesa

Abstract

Abstrak

Kemampuan membaca permulaan merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting bagi anak usia dini untuk mendukung keberhasilan akademik mereka dimasa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode fonik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 khususnya huruf konsonan b, d dan p dengan menggunakan gambar yang disertai dengan tulisan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian tindadan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 10 anak yang diberikan intervensi pembelajaran menggunakan metode fonik selama 2 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode fonik secara signifikan meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak, khususnya dalam aspek pengenalan huruf b-d-p menggunakan gambar yang disertai dengan tulisan, pengucapan fonem dan pemahaman kata sederhana. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya penerapan metode fonik dalam kurikulum pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan literasi dasar.

  

Kata kunci : Membaca permulaan, metode fonik, anak usia dini

Abstract

Early reading ability is one of the basic skills that are important for early childhood to support their academic success in the future. This study aims to analyze the effectiveness of the phonics method in improving early reading skills of children aged 5-6 years at Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Kindergarten, especially the consonants b, d and p by using pictures accompanied by writing. This study uses a quantitative approach with a classroom action research (CAR) design. The subjects of the study were 10 children who were given learning interventions using the phonics method for 2 weeks. The results showed that the phonics method significantly improved children's early reading skills, especially in the aspects of recognizing letters b-d-p using pictures accompanied by writing, pronouncing phonemes and understanding simple words. The implications of this study emphasize the importance of implementing the phonics method in the early childhood education curriculum to improve basic literacy.

 

Keywords : early reading, phonics method, early childhood

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 17 , PDF Downloads: 0