PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK MELALUI METODE READ ALOUD DI PPT MELATI SURABAYA
Abstract
Kemampuan berbicara pada anak pada saat ini mengalami keterlambatan sehingga menjadi masalah bagi perkembangan bahasa anak usia dini. Hal inilah yang melatar belakangi penelitian ini. Sehingga peneliti mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak dengan menggunakan metode Read-Aloud . Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan Model Kemmis Dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu 12 peserta didik usia 3-4 Tahun di PPT Melati Surabaya. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, tahapan indikator yang terlihat berkembang yaitu mampu menjawab pertanyaan sederhana, lancar dalam pelafalan vokal, intonasi dan ekspresi, mampu mengungkapkan isi pesan yang disampaikan dalam buku cerita bergambar, dan yang terakhir ketertarikan mendengarkan cerita dengan mempertahankan perhatian bacaan selama 10-15 menit. Berdasarkan hasil penelitian melalui penerapan metode Read-aloud secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 3-4 tahun sehingga metode read aloud ini sangat efektif bagi pendidik ataupun di rumah beserta orang tua.
Downloads

