PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK MELALUI METODE READ ALOUD DI PPT MELATI SURABAYA

Authors

  • Futihatul Febriyanti RPL PG PAUD UNESA

Abstract

Kemampuan berbicara pada anak pada saat ini mengalami keterlambatan sehingga menjadi masalah bagi perkembangan bahasa anak usia dini. Hal inilah yang melatar belakangi penelitian ini. Sehingga peneliti mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak dengan menggunakan metode Read-Aloud . Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan Model Kemmis Dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu 12 peserta didik usia 3-4 Tahun di PPT Melati Surabaya. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, tahapan  indikator yang terlihat berkembang  yaitu mampu menjawab pertanyaan sederhana, lancar dalam pelafalan vokal, intonasi dan ekspresi, mampu mengungkapkan isi pesan yang disampaikan dalam buku cerita bergambar, dan yang terakhir ketertarikan mendengarkan cerita dengan mempertahankan perhatian bacaan selama 10-15 menit. Berdasarkan hasil penelitian melalui penerapan metode Read-aloud secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 3-4 tahun sehingga metode read aloud ini sangat efektif  bagi pendidik ataupun di rumah beserta orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-26

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1 , PDF Downloads: 3