PENERAPAN METODE TRIPOD DENGAN PENSIL GRAPHITE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMEGANG PENSIL ANAK USIA 5–6 TAHUN

Authors

  • FEBRINA NUR MAHMEDA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Strategi pembelajaran dan media yang digunakan oleh pendidik sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran, khususnya dalam pengembangan keterampilan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memegang pensil anak usia 5–6 tahun melalui metode tripod dengan menggunakan pensil graphite. Permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah masih banyak anak yang memegang pensil dengan posisi jari yang kurang tepat, genggaman yang terlalu kuat, serta hasil tulisan yang belum rapi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di TK Mustika Rini Surabaya dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 10 anak kelompok A. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi terhadap aktivitas guru, aktivitas anak, dan kemampuan memegang pensil.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Kemampuan memegang pensil meningkat dari 49.15% menjadi 80.8%, aktivitas guru dari 78% menjadi 86%, dan aktivitas anak dari 64% menjadi 81%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode tripod dengan pensil graphite efektif dalam memperbaiki posisi jari, kekuatan genggaman, serta koordinasi gerakan tangan anak. Dengan demikian, metode ini direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran motorik halus dalam kegiatan menulis anak usia dini.

Kata Kunci: kemampuan motorik halus, metode tripod, pensil graphite, anak usia dini, pembelajaran menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-26

Issue

Section

Articles
Abstract views: 3 , PDF Downloads: 3