Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Sifat Senang melalui media Buku Cerita pada anak usia 3-4 tahun di PPT Puspa Indah Tambaksari Surabaya
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak anak usia 3 sampai 4 tahun di PPT Puspa Indah Surabaya yang belum bisa memahami kata sifat senang walaupun hanya dengan ekspresi saja. Penelitian ini didasarkan pada pentingnya penguasaan kosa kata, khususnya kata sifat dalam perkembangan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal kata sifat “senang” melalui media buku cerita pada anak usia 3 – 4 tahun di PPT Puspa Indah Tambaksari Surabaya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada dua siklus. Subyek penelitian ini adalah 10 anak usia 3 sampai 4 tahun di PPT Puspa Indah Tambaksari Surabaya. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan instrument yang dilakukan berupa lembar penilaian perkembangan bahasa anak terkait pemahaman kata sifat “senang”. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal kata sifat “senang” setelah diberikan perlakuan melalui media buku cerita. Anak – anak menunjukkan respon positif, lebih mudah memahami kata sifat “senang”, serta mampu mengidentifikasi dan mengungkapkan kata tersebut dalam konteks kegiatan sehari- hari. Dengan demikian, penggunaan, media buku cerita terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal kata sifat “senang” pada anak usia 3 – 4 tahun.
Downloads
Abstract views: 32
,
PDF Downloads: 29