MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI BUKU CERITA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN KELOMPOK B PPT KUNCUP KENANGA WIYUNG SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berkembangnya kemampuan menyimak anak di PPT Kuncup Kenanga Wiyung Surabaya dalam aktivitas menyimak cerita. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penggunaan buku cerita dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B PPT Kuncup Kenanga dan Untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan anak ketika kegiatan menyimak melalui buku cerita. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan anak dalam menyimak setelah diterapkannya metode bercerita dengan buku cerita di PPT Kuncup Kenanga Wiyung Surabaya tergolong baik. Hal ini terlihat pada hasil pada siklus 1, hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 53%, aktivitas anak mencapai 56%, dan kemampuan menyimak anak melalui buku cerita mencapai 15%. Dan kenaikan hasil pada siklus 2, hasil observasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan aktivitas guru mencapai 84%, aktivitas anak mencapai 94%, dan kemampuan menyimak anak mencapai 80%. Metode pembelajaran menggunakan media buku cerita sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia dini.
Downloads

