PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PUTERA HARAPAN SURABAYA

  • NILA RAHMAWATI

Abstract

Kosakata merupakan bagian dari perkembangan bahasa anak yang harus distimulasi sejak dini. Kosakata berperan penting bagi anak, karena dengan menguasai kosakata dapat mempermudah anak berkomunikasi dengan lingkungannya. Berdasarkan hasil observasi, penguasaan kosakata anak di TK Putera Harapan Surabaya belum optimal. Kondisi yang menunjukkan penguasaan kosakata anak di TK Putera Harapan Surabaya diketahui ketika guru bercakap-cakap dengan anak, banyak anak yang tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal itu terjadi karena guru di TK Putera Harapan Surabaya tidak menggunakan media dalam menyampaikan materi yang diajarkan. Media pop-up book merupakan sebuah alat peraga tiga dimensi yang dapat merangsang imajinasi anak serta menambah pengetahuan sehingga dapat mempermudah anak dalam mengetahui penggambaran bentuk suatu benda, dengan demikian maka dapat memperkaya perbendaharaan kata serta meningkatkan pemahaman. Hal ini yang menjadi latar belakang penelitian untuk mengetahui hasil penggunaan media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya.Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi-Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah 20 anak dari kelompok B1 sebagai kelompok eksperimen dan 20 anak dari kelompok B2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik parametrik dengan t-test independent (Uji-t), dimana jika thitung ≥ ttabel, maka penelitian ini disignifikasi ada pengaruh antara dua variabel.Berdasarkan hasil penelitian, skor rata-rata penguasaan kosakata di TK Putera Harapan Surabaya pada kelompok eksperimen meningkat 10,4 poin, sedangkan skor rata-rata penguasaan kosakata pada kelompok kontrol meningkat 6,1 poin. Berdasarkan hasil perhitungan Uji t, diperoleh nilai thitung≥ttabel atau 4,854 ≥ 2,750. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya.

Kata kunci : pop-up book, kosakata, anak usia 5-6 tahun.

Abstract

Vocabulary is a part of children language’s development aspect in which must be given stimulation. The importance of vocabulary for the children are giving them more knowledge and making communication with other easily. Based on the observation, children’s vocabulary at TK Putera Harapan Surabaya has not been optimal. This is because the teacher of a TK Putera Harapan Surabaya does not use any media to deliver the teaching materials. In the learning activity , there are still children who cannot understand the materials taught. Pop-up book is a media that can stimulate children’s imagination and improving their knowledge, making children easier to understand the description of a things while enriching their vocabulary and improving their understanding. The unoptimized vocabulary of TK Putera Harapan Surabaya Students has become the background of the research of understanding the effect of using pop-up book for mastering vocabulary of 5-6 years children at TK Putera Harapan Surabaya.This research uses Quasi Eksperimental research in the form of Nonequivalen Control Group Design. Subject of this research are 20 children from B1 group as the experimental group and 20 children from B2 group as the control group. The sampling technique in this research used observation and documentation. The analysis technique in this research is parametric statistical analysis by using t-test independent, in which if tcount ≥ ttable, this research can suggested signification in two variable.Based on the research, the average vocabulary’s score for experimental group increase 10,4 point and for control group increases 6,1 point at TK Putera Harapan Surabaya. Based on the t-test tcount ≥ ttable or 4,854 ≥ 2,750. According to that matter, it is suggested that using pop-up book have effect for mastering vocabulary of 5-6 years children at TK Putera Harapan Surabaya .

Keyword : Pop-up book, vocabulary, 5-6 years children.

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 1556
PDF Downloads: 1819