Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Video Bercerita Nusa dan Rara di TK Mutiara Ibu Surabaya
Abstract
Kemampuan berbahasa pada anak usia dini merupakan fondasi utama bagi perkembangan lainnya. Anak dengan keterampilan berbahasa yang baik cenderung lebih siap dalam menghadapi lingkungan pendidikan, berkomunikasi dengan orang lain, serta menghadapi berbagai tantangan dalam proses tumbuh kembangnya. Berdasarkan hasil observasi prasurvei, bahwa rata-rata anak di TK A Mutiara Ibu dalam pengucapan kata-kata masih terbata-bata dan anak susah untuk berbicara. Pembelajaran yang menarik sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak sekaligus memotivasi dalam mengikuti proses belajar. Salah satu cara efektif untuk mendukung pengembangan kemampuan berbahasa anak adalah melalui penggunaan media video bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun di TK Mutiara Ibu Wiyung Surabaya melalui media video bercerita Nusa dan Rara. Fokus penelitian ini adalah menambah kosakata baru dan kemampuan menceritakan kembali isi cerita yang telah disimak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian meunjukkan, terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan berbahasa anak dari siklus I-III, peningkatan kosakata sebesar 33%, kemampuan menceritakan kembali sebesar 33%, dan rata-rata keseluruhan sebesar 31%. Peneliti menyimpulkan bahwa media video bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK A Mutiara Ibu Wiyung Surabaya.
Downloads

