MENINGKATKAN PENGENALAN ANGKA MENGGUNAKAN MEDIA RODA ANGKA MODIFIKASI DI PPT KUNCUP BUNGA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di PPT Kuncup Bunga Lidah Wetan Surabaya, yang menunjukkan bahwa dari 15 orang siswa, hanya 3 anak yang mampu menyebutkan angka dengan benar, sedangkan siswa yang lainnya masih belum bisa membilang angka 1 sampai 10, sehingga perlu dilakukan peningkatan dalam materi mengenal angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah penggunaan media roda angka modifikasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka kelompok B di PPT Kuncup Bunga. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan di PPT Kuncup Bunga Lidah Wetan. Subyek Penelitian adalah anak-anak berusia 3-4 tahun dengan jumlah siswa sebanyak 15 anak. Prosedur penelitian dilakukan melalui siklus kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pelaksan aan, observasi dan refleksi. Sebelum tindakan, hasil prasiklus menunjukkan sebesar 41,6% yang masih jauh dari batas ketuntasan yang ditargetkan oleh peneliti, yaitu sebesar 75%. Setelah mengimplementasikan tindakan pada siklus I, hasil terlihat meningkat menjadi 64,4 %, pada siklus II hasilnya meningkat lagi menjadi 81,7%. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media roda angka modifikasi memberikan dampak positif terhadap kemampuan mengenal angka pada anak usia 3-4 tahun. Selain itu, pengembangan media ini juga dapat membantu para guru dalam menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif, sekaligus melatih kreatifitas dan wawasan dalam membuat bahan ajar serta media pembelajaran utuk anak usia dini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media roda angka modifikasi berpotensi untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini di PPT Kuncup Bunga, dan pendekatan ini dapat mempertimbangkan untuk diterapkan dalam pembelajaran lainnya.
Downloads

