MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING 5 GARIS DENGAN MEDIA GAMBAR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan motorik halus anak di Kelompok A2 di Tk. Triguna Bhakti 1 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Perkembangan Menggunting 5 garis di Kelompok A2 di Tk. Triguna Bhakti 1 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 21 anak. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting 5 garis terlihat dalam data berikut: Pada siklus I kemampuan motorik halus sudah mencapai 73,42 % dan pada pertemuan kedua mencapai 80,1%. Pada siklus kedua pertemuan pertama sudah mencapai 84,7% dan pertemuan kedua 84,9%. Karena ketuntasan belajar anak sudah mencapai lebih dari 80%, maka pelaksanaan penelitian dengan 2 siklus dirasa sudah cukup mewakili dari tujuan yang telah direncanakan yaitu untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting 5 garis. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas dapat dilakukan sampai ada 2 siklus. Hal tersebut menunjukkan bahwa kegiatan motorik halus anak dapat meningkatkan kemampuan menggunting 5 garis pada kelompok A2 di TK. TRIGUNA BHAKTI 1 SURABAYA tahun pelajaran 2024-2025.
Downloads
Published
Issue
Section

