Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini Melalui Media Bermain Congklak Di PPT Al-Balad

Authors

  • fitriadwiastutik astutik universitas negeri surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal angka melalui media bermain tradisional congklak di PPT Al-Balad. Permainan congklak dipilih sebagai media pembelajaran karena memiliki unsur edukatif yang dapat merangsang perkembangan kognitif, khususnya dalam hal pengenalan angka, berhitung, dan pengambilan keputusan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak usia 4–5 tahun di PPT Al-Balad. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka setelah diterapkannya media congklak dalam proses pembelajaran. Anak lebih aktif, antusias, dan mampu mengenal serta menyebutkan angka dengan lebih baik dari sebelum penggunaan media congklak. Dengan demikian, media bermain congklak efektif digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-08

Issue

Section

Articles
Abstract views: 12 , PDF Downloads: 6