PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TAMAN INDRIA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan di TK Taman Indria Surabaya karena permasalahan terkait perkembangan sosial emosional anak yang masih rendah dan perlu ditiingkatkan, baik metode pembelajaran dari guru dan media yang digunakan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku sosial emosional anak sebelum dan sesudah di berikan metode bermain peran, untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode bermain peran dan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Taman Indria Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan aspek yang diamati mengalami peningkatan yaitu dari 25 anak didik yang menjadi subjek penelitian pada semua aspek yang diamati diperoleh rata-rata pada masing-masing kategori yaitu terdapat (33,33%) berkembang sangat baik (BSB), (38,67%) berkembang sesuai harapan (BSH), (25,33) dalam kategori mulai berkembang (MB), dan (2,67) dalam kategori belum berkembang (BB) sehingga penerapan kegiatan penggunaan metode bermain peran anak usia 4-5 tahun di TK Taman Indria Surabaya sangat efektif dimana dari bermain peran dengan memerankan tokoh sebagai penjual dan pembeli serta tempat penjualan anak mampu meningkatkan rasa ingin tahu terhadap peran yang akan diperankannya, rasa empati terhadap teman-temannya serta rasa kepercayaan dirinya tampil didepan kelas dan dihadapan teman-temannya disimpulkan aada pengaruh metode bermain peran terhadap sosial emosional anak, bahwa nilai t hitung adalah sebesar -19.409 pada uji t tanda plus minut tidak diperhatikan sehingga nilai 19.409 >1.710, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, berarti perkembangan sosial emosional anak berpengaruh.
Kata kunci: metode bermain peran, sosial emosional, anak usia dini
Downloads

