PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KEDUNGGEMPOL

  • Eva Nur Izza

Abstract

Pelaksanaan pendidikan emosi di TK, guru memegang peranan penting dalam kehidupan dan perkembangan anak-anak yang banyak belajar dari guru dalam membentuk tingkah lakunya dan mengajarkan dasar-dasar kecerdasan emosi anak. Kegiatan bercerita memberikan nilai pembelajaran yang banyak bagi proses belajar dan perkembangan anak serta dapat menumbuhkan minat dan kegemaran membaca. Salah satu metode yang yang dapat di emplementasikan untuk membawa anak usia dini kepada perkembangan kecerdasan emosional yang baik adalah metode bercerita dalam gambar. Penelitian ini dilatar belakangi dari fakta yang kecerdasan emosi anak di kelompok B TK Dharma Wanita Kedunggempol dapat dibangun dengan menerapkan metode bercerita, seperti mengajak anak-anak bercerita setiap pagi, Hal ini dikarenakan karakteristik anak yang masih senang mendengarkan cerita dongeng maupun senang bercerita sendiri.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak.Penelitian ini menggunakan pre-exsperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. adalah penelitian kuantitatif karena mencari ada tidaknya pengaruh metode cerita terhadap kecerdasan emosional (variabel Y) anak kelompok B TK Dharma Wanita Kedunggempol. Subyek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Darma Wanita Kedunggempol tahun pelajaran 2012/ 2013, sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data pada penelian menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistic parametric dengan t-test independent (Uji t), dimana jika t hitung>t tabel, maka penelitian ini disignifikasi ada pengaruh antara dua variabel.Berdasarkan hasil penelitian, secara umum kecerdasan emosional anak cukup baik.Karena t hitung 6.866) lebih besar dari harga t tabel (2.093) atau 6.866 > 2.093.Nilai probabilitas yang diperoleh adalah 0.000 lebih kecil dari 0.05, maka dapat dikatakan bahwa kecerdasan emosional anak sebelum dan sesudah implementasi metode cerita ikasi ada pengaruh terdapat perbedaan secara signifikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa kecedasan emosional anak kelompok B TK Dharma Wanita Kedunggempol setelah implementasi metode cerita adalah cukup baik.

Kata kunci : metode bercerita, kecerdasan emosional

Abstract

This research is based from the fact of child emotional intelligent in group B Dharmawanita Kedunggempol Kinder Garden that can build by applying story telling method, for example is to ask the child to tell a story every morning. This things is because the child characteristic that love to hear a story like fairy tale or telling a story by them self.The purpose that want to reach in this research is want to know the influence of story telling method for emotional intelligent development of child. This research use pre- exs perimental design, where it is include in quantitative research because it is looking for existence or un existence of story telling method for child emotional intelligent (Y Variable ) in group B Dharmawanita Kedunggempol Kinder Garden 2012/2013 for 20 childIn a general, the emotional intelligent is quite good, because the T count(6,866) is bigger than the T table (2,093) or 6.866> 2.093. the value of probability is 0,000 smaller than 0,05 , so we can say that the child emotional intelligent before and after give the story telling method have a significant difference so it can say that the child emotional intelligent in group B Dharmawanita Kedunggempol after given the story telling method is quite good.Based on the correlation result, knowing that T count (6,866) > T table (2,093) and the hypothesis that clarify “ there is an influence of implementation of story telling method for emotional intelligent in group B Dharmawanita Kedunggempol” is accepted.

Key word: Story telling method, emotional intelligent

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 527