STUDI DESKRIPTIF STRATEGI KEGIATAN MENULIS PERMULAAN DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO

  • dwi yudo

Abstract

Kegiatan menulis permulaan difokuskan pada pemberian pengalaman yang kongkrit dan berharga dalam diri anak, dengan tidak meninggalkan karakteristik anak. Terkait dengan kegiatan menulis permulaan, di Taman Kanak-kanak kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto menggunakan strategi dalam mengembangkan kegiatan menulis permulaan. Melalui metode, media, tujuan, kegiatan, dan evaluasi yang tepat, anak dapat mengembangkan dasar-dasar kegiatan menulis permulaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi kegiatan menulis permulaan pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah anak pada kelompok A di empat Taman Kanak-kanak kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto, yaitu Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Watukenongo, Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Sekargadung II, Taman Kanak-kanak Plus Al Falah dan Taman Kanak-kanak Satu Atap Kembangringgit II. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data bersifat induktif dengan didahului proses triangulasi metode, tringulasi teori dan pengecekan keabsahan data.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data selama proses kegiatan menulis permulaan bahwa Taman Kanak-kanak yang telah diteliti telah menggunakan strategi dalam kegiatan menulis permulaan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan menulis permulaan yang telah dimiliki anak pada kelompok A di empat Taman Kanak-kanak tersebut. Kegiatan menulis yang diberikan menggunakan metode serta media yang sesuai dengan kebutuhan sehingga tujuan yang di harapkan dapat dicapai oleh anak. Evaluasi dilakukan dengan instrumen skala penilaian, dengan teknik hasil karya dan penugasan. Evaluasi yang digunakan untuk mengetahui perkembangan menulis permulaan yang dimiliki anak, dilakukan dengan teknik dan alat evaluasi yang sesuai dengan standar yang disarankan. Strategi yang diberikan disesuaikan dengan tahap-tahap menulis permulaan yang ada. Maka strategi yang digunakan empat Taman Kanak-kanak yang diteliti dalam kegiatan menulis permulaan sudah baik. Anak dapat melaksanakan kegiatan menulis permulaan sesuai dengan tahap-tahap menulis permulaan.

Kata kunci: strategi, menulis permulaan.

Abstract

Writing activities for beginners focused on the concrete and valuable experience for the children without denying their characteristics. The associated with counting activities in kindergartens Pungging Mojokerto using strategies in developing beginning writing activities. Through methods, media, objectives, activities and evaluation. The children can develop the basics of writing activities start there. This research aims to describe the strategy of writing activities for beginners at A group of kindergarten, Pungging.This research is qualitative descriptive. The subjects of this study were a group of children in four kindergarten Pungging Mojokerto, are Dharma Wanita Watukenongo kindergarten, Dharma Wanita Sekargadung II kindergarten, Al Falah kindergarten Plus, and Dharma Wanita Satu Atap Kembangringgit II kindergarten. The data collecting methods are documentation, interview, and observation. The Data is analyzed inductively,which preceded the method triangulation, theory triangulation and checking the validity of the data.Based on research and analysis data during the learning process writing activities of the result is that kindergartens which are observed have applied well the strategy writing activities for the beginners. It can be seen from the A group’s writing skill for beginners. The writing activities given by using the appropriate method and media wich meets the students’ need, therefore the expected target can be achieved by the children. The evaluation is given by using scoring scale instrument, work result technique. The evaluation used to find the children’s writing skill for beginners development is conducted by using appropriate technique and standard wich meet the standard sugeested. The strategy given is met with the available writing steps for beginners. The strategy which is used at four kindergartens observed in writing activities for beginners is good. The children can conduct the writing activities for beginner is which is line live with the writing steps for the beginners.

Keywords: strategy, writing activities for beginners.

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 50