MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI MEDIA BUSY BOOK PADA KELOMPOK USIA 2-3 TAHUN PPT MELATI

Authors

  • Mila Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengenalan warna memegang peran penting dalam membantu anak mengekspresikan diri dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Anak usia 2–3 tahun umumnya mulai mampu mengenal 5 hingga 7 warna sebagai bagian dari perkembangan kognitifnya. Salah satu media yang menarik dan efektif dalam mendukung proses ini adalah busy book, yaitu media pembelajaran interaktif yang merangsang kemampuan kognitif, motorik, dan konsentrasi anak melalui pengalaman multisensori. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 2–3 tahun melalui penggunaan media busy book di PPT Melati Surabaya. Penelitian dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 8 anak di kelompok A. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal warna setelah penggunaan media busy book. Persentase capaian kemampuan anak pada tahap pra siklus sebesar 57,2%, meningkat menjadi 60% pada siklus I, dan mencapai 80% pada siklus II. Dengan demikian, terdapat peningkatan sebesar 2,8% dari pra siklus ke siklus I, dan 20% dari siklus I ke siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa media busy book efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna anak usia 2–3 tahun di PPT Melati Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-09

Issue

Section

Articles
Abstract views: 9 , PDF Downloads: 4