Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok Usia 3-4 Tahun Melalui Penggunaan Media Bola Di PPT Cempaka Tunas Bangsa Surabaya

  • MARWATI ISMUNDARI

Abstract

Latar belakang penelitian ini di awali oleh hasil data pengamatan studi awal yang menunjukan kondisi motorik kasar anak usia 3-4 tahun di PPT Cempaka Tunas Bangsa sangat kurang. Hal ini terbukti ketika menendang bola sering melenceng, ketika memantulkan bola anak tidak mampu menangkap bola. Berdasarkan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dengan menggunakan media bola.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang di rancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek ini adalah anak kelompok usia 3-4 tahun PPT Cempaka Tunas Bangsa Surabaya yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.Dari hasil analisis data hasil meningkatkan motorik kasar anak pada siklus 1 pertemuan 1 diperoleh data 41%, pada siklus 1 pertemuan 2 diperoleh data 55%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target yang ditentukan adalah 75%, maka penelitian berlanjut pada siklus 2. Pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh data 72% dan pada siklus 2 pertemuan 2 mencapai 87%. Berdasarkan analisis data pada siklus 2 maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Dapat disimpulkan bahwa media bola dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun PPT Cempaka Tunas Bangsa Surabaya.

Kata kunci : Motorik kasar, Bola

ABSTRACT

The background of this research start by the result of the initial study on observation data showed motor rough conditions children aged 3-4 years in PPT Cempaka Tunas Bangsa very less People. This is evident when kicking the ball often sidetracked, when reflecting balls are not able to catch the ball. Based on the existing problem and the purpose of this research was to improve the ability of the child using a rough motor media sphere.This research uses a class action in research design in the form of recurring cycles. In each cycle consist of four stages, namely planning, implementation measures, observation and reflection. The subject is a child age groups 3-4 years PPT Cempaka Tunas Bangsa totaling 15 children consisting of 9 boys and 6 girls. Using data collection techniques of observation and data analysis while the documentation using descriptive statistic.From the result of the data analysis the results improve gross motor 1 child on a rough meeting 1 retrieved data, 41% in cycle 1 data obtained 2 meeting of 55%. Thin indicates this class action research have not been successful because the specific target was 75%, then the research continues on cycle 2 meetings 1 retrieved data and 72% in cycle 2 meetings 2 reached 87%. Based on an analysis of data on cycle 2 and the expected target is reached and this research was successful. It can be concluded that the media can improve motor ability ball rough children aged 3-4 years PPT Cempaka Tunas Bangsa Surabaya.

Keywords : Gross motor , Ball

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 166