Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak usia dini Melalui Metode Bercerita Dengan Media Buku Cerita Bergambar
Abstract
Kemampuan berbicara anak merupakan aspek penting dalam perkembangan bahasa dan komunikasi. Di Kelompok B PPT Puritirta, ditemukan kemampuan bercerita pada anak kelompok B PPT PURITIRTA mengalami kesulitan dalam bercerita tergolong rendah yaitu dibawah 52%. Dari hasil pengamatan yang dilakukan guru hal ini dapat menghambat interaksi sosial dan perkembangan kognitif mereka, Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita melalui media buku cerita bergambar sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada kemampuan berbicara anak setelah penerapan metode ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi dengan melakukan observasi langsung terhadap anak-anak Penggunaan media buku cerita bergambar yang menarik untuk menarik perhatian anak Analisis data dilakukan dengan Teknik pengumpulan data yang telah dilaksankan mulai dari analisis siklus I sampai dengan analasis siklus II diketahui bahwa rata-rata kemampuan berbicara melalui metode bercerita dengan gambar seri anak kelompok B PPT PURITIRTA mengalami peningkatan secara bertahap yakni penguasaan kemampuan berbicara yang kurang menjadi baik setelah diadakan penelitian. Kenaikkan kemampuan berbahasa anak dengan perlakuan menngunakan buku cerita bergambar telah mengalami peningkatan sebesar 88%
Downloads

