Pengaruh Kegiatan Meronce Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri

Authors

  • Siti Fatimah Fatimah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pengenalan bentuk geometri penting dalam mendukung perkembangan kognitif pada anak usia dini. Kebanyakan penelitian hanya berfokus pada penekanan meronce dalam pengembangan motorik halus dan visual-spasial, tanpa fokus yang mendalam pada pengaruhnya terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri secara spesifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang dimiliki dengan dilakukannya kegiatan meronce terhadap kemampuan meronce pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik simple random sampling untuk memilih sampel sejumlah 20 anak (10 laki-laki dan 10 perempuan) dengan usia 4-5 tahun yang berasal dari TK Panca Bhakti Surabaya. Sampel akan diberikan perlakukan berupa kegiatan meronce dengan menggunakan balok kayu dengan bentuk geometri selama 3 kali pertemuan. Hasil pre-test dan post-test akan dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui signifikansi dari variabel yang digunakan. Hasil menunjukkan nilai Positive Ranks pada 20 anak yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri pada seluruh anak (100%) yang ditandai dengan terjadinya peningkatan rata-rata nilai pre-test dan post-test (2.58 menjadi 3.6). Hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif antara kegiatan meronce dengan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak. Dengan adanya penelitian ini, maka diharapkan akan dapat bermanfaat untuk menambah variasi kegiatan pembelajaran bagi anak serta membantu kegiatan pembelajaran semakin menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-10

Issue

Section

Articles
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 7