MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA KELOMPOK B TK DEWI SARTIKA SURABAYA

  • Suci Hariyati

Abstract

Latar belakang penelitian ini di awali oleh hasil data pengamatan studi awal yang menunjukan kreativitas mengambar anak masih belum mampu. Hal ini terbukti ketika coretan yang di hasilkan anak dalam satu kelas masih berkesan umum dan menampilkan gambar yang sama pada setiap pengerjaan tugas menggambar. Metode pemberian stimulasi kreativitas masih sangat kurang diberikan oleh guru. Salah satu cara untuk meningkatkan kreatifitas anak adalah dengan memberikan stimulasi yang lebih sering. Metode pemberian tugas merupakan cara yang tepat untuk memberikan lebih banyak stimulasi pada anak. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan serta pelaksanaan metode pemberian tugas dalam meningkatkan kreativitas menggambar kelompok B TK Dewi Sartika Surabaya.Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas yang di rancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dewi Sartika yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan kreativitas menggambar anak pada siklus 1 diperoleh data 39 %. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil, oleh karena target yang di tentukan adalah 80 % maka penelitian ini berlanjut pada siklus 2, pada siklus 2 data diperoleh 85 %. Dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa metode pemberian tugas dapat meningkatkan kreativitas menggambar anak pada kelompok B TK Dewi Sartika Surabaya.

Kata kunci : Kreativitas Anak, Menggambar, Metode Pemberian Tugas.

ABSTRACT

The background of this research at the start by the results of a preliminary study of observational data that show the creativity of the child is still not able to draw . This is evident when the graffiti that produced children in one classroom still the general impression and show the same image processing task every drawing. Method of stimulation is lacking creativity given by the teacher. One way to improve children's creativity is to provide stimulation lebihserius. The The method of assignment is a great way to provide more stimulation in children. Under these conditions, the purpose of this study was to describe the use and implementation methods of enhancing creativity drawing task in group B TK Dewi Sartika Surabaya.This study uses action research that is designed in the form of a repeating cycle . At each cycle consists of four phases: planning , implementation , observation and reflection . The subjects of this study were kindergarten children in group B Dewi Sartika totaling 15 children consisting of 9 boys and 6 girls . Data collection techniques using observation and documentation while data analysis using descriptive statistics .From the analysis of the data obtained the ability to draw a child's creativity in cycle 1 data showed 39 % . This study shows the class action has not been successful because the target specified is 80 % , in ciycle 2 data this study continues in cycle 2 was obtained 85 % . This study therefore declared successful . Based on the research results prove that the method of administration tasks can increase creativity drawing children in group B TK Dewi Sartika Surabaya .

Keywords : Child Creativity , Drawing , Method Task Giving

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 109