Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Sekunder melalui Permainan Jelly Fish

Authors

  • Dimas Ratna Widasari Universitas Negeri Surabaya
  • Mallevi Agustin Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Fatiha Khoirotunnisa Elfahmi Universitas Negeri Surabaya
  • Eka Cahya Maulidiyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal warna sekunder melalui permainan jelly fish di PPT Garuda Simokerto. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi siklus. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 10 anak tahun pembelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif berdasarkan analisis refleksi siklus. Hasil penelitian ini berdasarkan data observasi pratindakan diperoleh hasil aktivitas guru sebesar 50% kemudian pada Siklus I meningkat menjadi 69,44% dan pada Siklus II meningkat menjadi 91,67%. Hasil aktivitas anak pada pratindakan sebesar 50% kemudian pada Siklus I meningkat menjadi 63,89% dan pada Siklus II meningkat menjadi 83,33%. Hasil kemampuan mengenal warna sekunder melalui permainan jelly fish pada pratindakan sebesar 36,67% kemudian pada Siklus I meningkat menjadi 64,44% dan pada Siklus II meningkat menjadi 86,67%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal warna sekunder melalui permainan jelly fish di PPT Garuda Kecamatan Simokerto Kota Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 0