Meningkatkan kemampuan kognitif mengenal bentuk geometri melalui media bermain balok usia 4-5 tahun TK TRI BHAKTI Surabaya
Abstract
Meningkatkan kemampuan kognitif mengenal bnetuk geometri melalui kegiatan bermain balok masih ditemukan masalah,khususnya pada kelompok A di TK Tri Bhakti Surabaya, penggunaan media pembelajarn yang digunakaan terbatas, sehingga mengakibatkan anak kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.Perbaikan ini bbertujuan untuk mengetahui bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada kegiatan mengenal bentuk geomtri. Perbaikan ini menggunakan prosedur kegiatan 2 siklus yang menggunakan media balok. Dari hasil akhir perbaikan menunjukkan bahwa ada peningkatan kemmpuan kognitif mengenal bentuk geometri dengan media balok proses pembelajaran yaitu pada pada siklus 1 4 anak berhasil mendapat skor BSB pada indikator 1 atau 27% sedangkan 3 anak berhasil mendapatkan mendapatkan skor BSB pada indikator 2 ataau 20% dan 5 anak berhpasil mendapatkan skor BSB pada indikator 3 atau 33%
Pada siklus 2 80% siswa mendapat skor BSB pada indikator 1, 83% mendapat pada indikator 2 dan indikator 3.
Kata Kunci : kemampuan kognitif, nengenal bentuk geometri melalui media balok.
Improving cognitive ability to recognize geometric shapes through block playing activities is still a problem, especially in group A at Tri Bhakti Kindergarten Surabaya, the use of learning media used is limited, resulting in children being less enthusiastic in participating in the learning process. This improvement aims to find out teaching materials that can improve cognitive abilities in geometric shape recognition activities. This improvement uses a 2-cycle activity procedure using block media. The final results of the improvement show that there is an increase in cognitive ability to recognize geometric shapes with block media in the learning process, namely in cycle 1 4 children managed to get a BSB score on indicator 1 or 27% while 3 children managed to get a BSB score on indicator 2 or 20% and 5 children managed to get a BSB score on indicator 3 or 33%
In cycle 2 80% of students got a BSB score on indicator 1, 83% got on indicator 2 and indicator 3.
Keywords: cognitive ability, recognizing geometric shapes through block media.
Downloads
Published
Issue
Section

