Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-5 Melalui Kegiatan Bermain Lompat Dalam Lingkaran di PPT Tengger Ceria usia 3-4 Tahun
Abstract
Kemampuan mengenal lambang bilangan merupakan salah satu indikator penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini, khususnya pada usia 3–4 tahun yang memasuki tahap pra-operasional menurut teori Piaget. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1–5 melalui penerapan kegiatan bermain lompat dalam lingkaran. Penelitian dilaksanakan di PPT Tengger Ceria Surabaya dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 10 anak, terdiri dari 4 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas anak dan penilaian kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan instrumen yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan mengenal lambang bilangan, yaitu dari pra tindakan sebesar 35%, meningkat menjadi 57,5% pada Siklus I, dan mencapai 85% pada Siklus II. Dengan demikian, kegiatan bermain lompat dalam lingkaran terbukti efektif sebagai metode pembelajaran yang menyenangkan, mampu meningkatkan aspek kognitif sekaligus motorik kasar anak.
Downloads

