Meningkatkan kemampuan mengenal kata melalui kegiatan bermain puzzle huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK Ade Irma Suryani Surabaya

Authors

  • Nur Hasanah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah adalah Menegtahui bagaimana pelaksanaan upaya meningkatkan kemampuan mengenal kata anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain puzzle di TK Ade Irma Suryani Surabaya  melalui aktivitas guru dan murid serta  mengetahui perkembangan kemampuan  mengenal kata melalui kegiatan bermain puzzle di TK Ade Irma Suryani Surabaya Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data-data yang dipergunakan selama proses penelitian berlangsung bersumber dari data observasi , dokumentasi, dan catatan lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Ade Irma Suryani Surabaya, yang terdiri dari 20 anak yang terdiri dari 13 anak Perempuan dan 7 anak laki-laki, di Kecamatan Semampir Surabaya. Penelitian ini menggunakan  Teknik analisis data  deskriptif kulaitatif dengan menjelaskan aktivitas guru, aktivitas murid dan perkembangan kemampuan mengenal kata nama benda langit melalui kegiatan bermain Puzzle.

Penerapan permainan puzzle dalam meningkatkan kemampuan mengenal kata di TK Ade Irma Suryani Surabaya Kelompok B yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus membahas tentang bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal kata melalui permainan puzzle. Dalam pelaksanaan penelitian ini, setiap siklus terbagi dalam 4  tahap kegiatan yaitu perencanaan , tindakan, pengamatan dan refleksi dengan kegiatan meliputi  (1) kegiatan awal (2) kegiatan inti (3) kegiatan penutup. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan kemampuan mengenal kata pada anak melalui permainan puzzle di TK Ade Irma Suryani Surabaya Kelompok B Tahun Pelajaran 2024/2025 . Hal tesebut dibuktikan dari hasil rata- rata observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 68,75%, mengalami peningkatan pada Siklus II sebesar 87,5%. Selanjutnya untuk hasil rata-rata observasi terhadap kemampuan anak mengenal kata  pada siklus I anak capaian 79,38%  dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,43% . Pada Siklus II anak yang mempunyai capaian akhir perkembangan berkembang sangat baik (BSB) yaitu 18 anak atau 90%. Jadi penerapan pembelajaran dengan menggunakan permainan puzzle, cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal kata nama benda langit di Kelompok B TK Ade Irma Suryani Kecamatan Semampir Kota Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-09

Issue

Section

Articles
Abstract views: 7 , PDF Downloads: 6