MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN KOLASE GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B PPT MENTARI SAMBIKEREP SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok B di PPT Mentari, Sambikerep, Surabaya, melalui kegiatan kolase geometri. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 16 anak kelompok B dengan rentang usia 4-5 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan, lalu dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kolase geometri mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna primer (merah, kuning, biru) dan warna sekunder (hijau, oranye, ungu). Selain itu, aktivitas ini juga mendukung perkembangan motorik halus, kreativitas, dan konsentrasi anak. Berdasarkan temuan ini, kegiatan kolase geometri dapat dijadikan metode efektif dalam pembelajaran kreatif di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Downloads
Abstract views: 30
,
PDF Downloads: 38