PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE TEKNOLOGI SEDERHANA LATERAI USIA ANAK 3-4 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak usia 3-4 tahun dalam mengenal warna melalui
media teknologi sederhana laterai (lampu dan baterai) di PPT Bintang Kejora. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan Maret 2025. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan
McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari siklus I dan siklus II yang meliputi tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 10 anak Kelompok Cerdas di PPT
Bintang Kejora Kecamatan Sawahan Kota Surabaya yang berusia 3-4 tahun. Teknik pengumpulan data meliputi
observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam
mengenal warna yang dibuktikan pada perolehan skor kemampuan mengenal warna. Pada pra siklus ketuntasan
belajar mencapai 43% dan meningkat menjadi 64% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 80%. Temuan
ini menunjukkan bahwa penggunaan media laterai mampu memperkuat daya tangkap anak terhadap warna melalui
rangsangan visual yang menyenangkan. Pembelajaran menjadi lebih aktif dan interaktif, sehingga anak-anak lebih
mudah memahami dan mengingat konsep warna.
Downloads

