Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Media Permainan Ambil Bola Warna Di PPT Ananda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 2-3 tahun melalui permainan ambil bola warna di PPT Ananda. Kemampuan mengenal warna merupakan bagian dari perkembangan kognitif yang penting dalam masa awal pertumbuhan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan metode Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini terdiri 10 anak usia dini di PPT Ananda. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan ambil bola warna, terjadi peningkatan kemampuan anak dalam mengenal warna dasar (merah, kuning, biru, hijau). Peningkatan tersebut terlihat dari meningkatnya jumlah anak yang mampu menyebutkan dan mengambil bola sesuai instruksi warna yang diminta. Permainan ini terbukti efektif sebagai metode pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini.
Downloads
Published
Issue
Section

