Upaya Peningkatan Keaksaraan Awal Huruf Vokal Melalui Alphabet Game Pada Anak Usia 3-4 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaksaraan awal, khususnya pengenalan huruf vokal, pada anak usia 3–
4 tahun melalui penerapan metode Alphabet Game. Keaksaraan awal merupakan fondasi penting dalam perkembangan
kemampuan membaca dan menulis anak di usia dini. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok bermain di
salah satu lembaga PAUD yang berjumlah 10 anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan anak mengenali dan menyebutkan huruf vokal (a, i,
u, e, o) setelah mengikuti kegiatan Alphabet Game. Anak terlihat lebih antusias, aktif, dan mampu mengingat huruf
vokal dengan lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Alphabet Game merupakan salah satu metode
yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan keaksaraan awal huruf vokal pada anak usia 3–4 tahun.
Downloads

