Upaya Peningkatan Keaksaraan Awal Huruf Vokal Melalui Alphabet Game Pada Anak Usia 3-4 Tahun

Authors

  • yuhanita megah astriyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaksaraan awal, khususnya pengenalan huruf vokal, pada anak usia 3–

4 tahun melalui penerapan metode Alphabet Game. Keaksaraan awal merupakan fondasi penting dalam perkembangan

kemampuan membaca dan menulis anak di usia dini. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok bermain di

salah satu lembaga PAUD yang berjumlah 10 anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)

dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian

menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan anak mengenali dan menyebutkan huruf vokal (a, i,

u, e, o) setelah mengikuti kegiatan Alphabet Game. Anak terlihat lebih antusias, aktif, dan mampu mengingat huruf

vokal dengan lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Alphabet Game merupakan salah satu metode

yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan keaksaraan awal huruf vokal pada anak usia 3–4 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-09

Issue

Section

Articles
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 4