Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Media Pefana Di PPT Gotong Royong

Authors

  • TRI WULANDARI Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kemampuan mengenal warna merupakan aspek penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini yang dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran yang terarah. Salah satu media yang dapat mendukung proses tersebut adalah Persegi Flanel Warna (Pefana), yaitu media pembelajaran berupa bangun geometri (persegi, lingkaran, dan segitiga) dalam berbagai ukuran yang dibalut kain flanel berwarna cerah seperti merah, biru, hijau, dan kuning. Media ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan melalui aktivitas manipulatif secara langsung oleh anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna dasar pada anak usia 3–4 tahun di PPT Gotong Royong Surabaya dengan menggunakan media Pefana. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes kemampuan mengenal warna. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan anak dalam mengenal warna. Rata-rata kemampuan anak meningkat dari 56% pada pra-siklus menjadi 69% pada siklus I, dan mencapai 83% pada siklus II. Peningkatan ini mencakup aspek menyebutkan, mencocokkan, dan mengelompokkan warna. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari 75% menjadi 85%, sedangkan aktivitas anak meningkat dari 71% menjadi 78%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Pefana efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini. Oleh karena itu, disarankan bagi guru dan pendidik untuk menggunakan media pembelajaran inovatif berbasis permainan yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak guna menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 1