Upaya Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini dengan metode Bercerita Berbasis Buku Cerita Bergambar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan kemampuan anak dalam penguasaan kosakata dengan metode
yang tepat yaitu dengan metode bercerita berbasis buku cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan media pembelajaran, subyek yang
diteliti berjumlah 20 anak 11 anak Perempuan dan 9 anak lai-laki, dengan menggunakan alat penilaian observasi dan
dokumentasi. Hasil penenelitian menunjukkan adanya peningkatan yang positif dalam kemampuan penguasaan kosakata. Sebelum
dilakukan tidakan, terlebih dahulu melakukan Pretes pada anak, pada Pretest menunjukkan persentase dalam kemampuan
menyebut kosakata sesuai gambar dengan idenya sendiri menunjukkan 10% anak belum berkembang, 80% anak mulai
berkembang, dan 10% anak berkembang sesuai harapan. Pada pretest belum nampak adanya persentase poin tertinggi
dalam perkembangan penguasaan kosakata secara optimal. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus 1 dan siklus II perkembangan menunjukkan persentasi yang meningkat. Setelah tindakan kelas dilakukan persentase meningkat 80%, sehingga persentasi kenaikan dapat di katakana 75% berhasil meningkatkan penguasaan kosakata dalam bercerita
Downloads

