Efforts to Improve the Ability to Recognize Color Patterns Through the Use of Image Media in Children Aged 4-5 Years at Kindergarten Bee Xcellent Wonokromo Surabaya
Abstract
Pengenalan Pola Warna pada anak usia dini adalah bagian dari pengembangan kemampuan kognitif. Dari pengamatan pada proses pembelajaran teridentifikasi kondisi yang monoton sehingga anak menjadi bosan. Sebagai pemecahan masalah maka penggunaan gambar emoji smile berpotensi dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran melalui gambar emoji smile sebagai cara meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal pola warna. Metode penelitian ini berupa penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun berjumlah 15 anak. Lokasi penelitian di TK Bee Xcellent Wonokromo Surabaya.Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan pengumpulan data melalui observasi, tes lisan dan dokumentasi Berdasarkan analisis data pada siklus I ketuntasan hasil menunjukkan hasil rata-rata 50% artinya kemampuan kognitif mengenal pola warna melalui gambar emoji smile belum mencapai hasil tingkat capaian perkembangan. Refleksi dari penelitian ini anak-anak sering diperkenalkan tentang pola warna agar tercapai perkembangan kognitifnya.Kemudian pada siklus II, ketuntasan meningkat dengan hasil 90% artinya ada peningkatan capaian perkembangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Bee Xcellent Wonokromo Surabaya. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengenal pola warna melalui gambar emojo smile dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Bee Xcellent Wonokromo Surabaya
Downloads

