Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-5 Melalui Media Pirang Pada Anak Usia 3-4 Tahun
Abstract
Pembelajaran kognitif pada anak usia dini seyogyanya dilakukan dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Karena pada dasarnya dunia anak-anak adalah bermain maka pembelajaran di PAUD menerapkan prinsip bermain sambil belajar dan belajar melalui bermain. Akan tetapi sering kali ditemukan cara guru menyampaikan materi saat kegiatan pembelajaran cenderung monoton sehingga membuat anak cepat bosan. Untuk mengatasi hal ini dirancanglah media piring angka yang diharapkan mampu memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan inovatif.Dari permasalahan diatas tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-5 melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan media piring angka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu anak kelompok usia 3-4 tahun berjumlah 10 anak. Penelitian ini mengambil Lokasi di lingkungan PPT Pelita Kartini Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dengan Teknik pengumpulan data melalui Tindakan observasi, wawancara dan pengambilan dokumentasi. Pada siklus 1 di peroleh data kemampuan anak mengenal lambang bilangan 1-5 masih rendah yaitu 60 %. Kemudian dilanjutkan dengan siklus 2 dengan perolehan data kemampuan anak ada peningkatan yaitu sebesar 85 %. Dengan hasil perolehan data dari ke-2 siklus maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media piring angka (pirang) pada kegiatan pembelajaran mengenal lambang bilangan 1-5 pada anak kelompok usia 3-4 tahun dinyatakan berhasil.
Downloads

