Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Warna Merah dan Kuning melalui Kegiatan Meronce di Pos PAUD Garuda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal warna merah dan kuning melalui kegiatan meronce. Mengenal warna merah dan kuning dapat menstimulasi perhatian anak, sehingga cocok digunakan saat pembelajaran serta membantu anak untuk mengklasifikasikan dan mengelompokkan objek berdasarkan warna. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di Pos PAUD Garuda Kelurahan Bangkingan. Teknik pengambilan data dengan melakukan observasi, dokumentasi dan hasil karya anak. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Siklus pertama meningkatkan 50% anak mampu mengenal warna merah dan kuning sebelum penelitian dilaksanakan hanya 30% anak mengenal warna merah dan kuning. Dari hasil Siklus pertama yang belum sesuai target maka melanjutkan siklus kedua, disiklus kedua menggunakan bahan meronce yang berbeda menghindari anak agar tidak bosan. Siklus kedua hampir 80% anak mampu mengenal warna merah dan kuning. Kegiatan meronce sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna dengan didukung bahan meronce yang berkualitas dan beragam.
Downloads

