UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR BERJALAN JINJIT ANAK USIA 3–4 TAHUN MELALUI PAPAN TITIAN MODIFIKASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar berjalan jinjit anak usia 3–4 tahun melalui media papan titian modifikasi di PPT Kemuning Indah Surabaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, penelitian, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 8 anak usia 3–4 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berjalan jinjit dari pra-siklus ke siklus II. Pada pra-siklus, hanya 25% anak yang mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus I meningkat menjadi 38%, dan pada siklus II mencapai 75%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa media papan titian modifikasi efektif dalam menstimulasi keseimbangan, koordinasi tubuh, dan keberanian anak dalam melakukan aktivitas berjalan jinjit. Temuan ini menegaskan pentingnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dalam mengembangkan aspek motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini merekomendasikan agar guru PAUD memanfaatkan media papan titian modifikasi sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran fisik di kelas.
Downloads
Published
Issue
Section

