Upaya Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan 1-5 Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Loose Parts di PPT Harapan Kita

Authors

  • UMI HAMIDAH Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kemampuan mengenal konsep bilangan merupakan aspek penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan konsep bilangan 1–5 anak usia 3–4 tahun melalui kegiatan
bermain loose parts di PPT Harapan Kita Surabaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tanya jawab, dan
dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak usia 3–4 tahun dan satu guru kelas. Analisis data dilakukan
dengan cara menghitung persentase ketercapaian keberhasilan dengan standar minimal 80% dari aktivitas guru,
aktivitas anak, dan kemampuan konsep bilangan anak usia 3-4 tahun. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan persentase keberhasilan aktivitas guru sebesar 93,05%, aktivitas anak sebesar 88,88%, dan kemampuan
konsep bilangan anak 90%. Peningkatan tersebut didukung oleh penggunaan media loose parts yang konkret,
menarik, serta sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Media ini mampu meningkatkan partisipasi
aktif dan antusiasme anak dalam mengenal bilangan. Penelitian dihentikan pada siklus II karena seluruh indikator
ketercapaian telah terpenuhi. Keterbatasan penelitian meliputi waktu pelaksanaan yang singkat, jumlah subjek yang
terbatas, variasi kemampuan anak, pengaruh faktor eksternal, serta keterbatasan instrument observasi yang bersifat
kualitatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-07-05

Issue

Section

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0