Peningkatan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Menggunting Kertas Lipat di PPT Bunga Tanjung Surabaya
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menggunting kertas lipat pada anank usia 3-4 tahun masih kurang karena guru lebih banyak menekankan pada lembar kerja siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting kertas lipat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Sempel dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 10 anak di PPT Bunga Tanjung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil belajar rata-rata 45%. Pada siklus 1 pemahaman belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar mencapai rata-rata 64,64%. Pada siklus II terjadi penambahan kartu smile sebagai reward bagi yang berhasil mengerjakan menggunting. Hal ini media menggunting menarik bagi anak, sehingga membuat peningkatan kemampuan menggunting kertas lipat mendapat presentasi ketuntasan belajar pada siklus II meningkat 86,66%. Pada siklus II sudah mencapai kategori ketuntasan sehingga penelitian ini dicukupkan dengan pelaksanaan pada siklus II saja. Dengan demikian dapat diartikan bahwa kegiatan menggunting kertas lipat berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak.
Downloads
Published
Issue
Section

