MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK HURUF MELALUI MEDIA BALOK HURUF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK INTAN SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkaan kemampuan mengenal bentuk huruf yang merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan literasi dasar anak usia dini. Di TK Intan Surabaya. Upaya untuk meningkatkan kemampuan ini dilakukan melalui penggunaan media balok huruf. Media ini dipilih karena sifatnya yang interaktif, menarik, dan sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini yang cenderung menyukai pembelajaran berbasis permainan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media balok huruf dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak, serta kemampuan anak dalam menyebutkan huruf. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk memperbaiki proses pembelajaran yang terjadi di kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari siklus 1 ke siklus 2. Aktivitas guru meningkat dari 51% pada siklus 1 menjadi 79% pada siklus 2, dengan peningkatan sebesar 28%. Aktivitas anak juga mengalami peningkatan dari 56% pada siklus 1 menjadi 77% pada siklus 2, dengan peningkatan sebesar 21%. Lebih jauh lagi, kemampuan anak dalam menyebutkan huruf mengalami lonjakan yang sangat signifikan, yaitu dari 48,25% pada siklus 1 menjadi 82% pada siklus 2, dengan peningkatan sebesar 34%. Data ini menunjukkan bahwa media balok huruf tidak hanya mampu meningkatkan keterlibatan guru dan anak dalam proses pembelajaran, tetapi juga efektif dalam membantu anak mengenal bentuk huruf dengan lebih baik.
Downloads
Published
Issue
Section

