Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Melompat Dengan Rintangan Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di KB-TK Merlion School Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan motorik kasar anak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan melompat dengan rintangan pada anak usia 3-4 tahun di Kelas Nursery KB-TK Marlion School Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 15 anak, yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam 2 siklus, dan hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak yaitu pada siklus I sebesar 61,50%, dapat meningkat menjadi 89,30% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan lompat rintang dapat ditingkatkan dengan metode menggunakan 3 media dan ukuran yang berbeda, pola permainan yang bervariasi dan permainan dilakukan secara berulang sehingga anak lebih semangat untuk melatih dan meningkatkan motorik kasar mereka.
Kata kunci : Anak Usia Dini, Permainan Lompat Rintang, Kemampuan Motorik Kasar
Abstract
This study was motivated by the lack of gross motor skills in young children. The purpose of this research was to improve gross motor skills through hurdle jumping games in children aged 3–4 years in the Nursery Class of KB-TK Marlion School Surabaya. The study was conducted in the second semester of the 2024/2025 academic year, involving 15 children—7 girls and 8 boys. The method used was Classroom Action Research (CAR), which was carried out in two cycles. The results showed an improvement in the children's gross motor skills, from 61.50% in the first cycle to 89.30% in the second cycle. Based on these findings, it can be concluded that gross motor skills can be improved through hurdle jumping games. This improvement was supported by the use of three different media sizes, varied play patterns, and repetitive activities, which encouraged children to be more enthusiastic in practicing and enhancing their gross motor skills.
Keywords: Early Childhood, Hurdle Jumping Game, Gross Motor Skills
Downloads

