Meningkatkan Kemampuan Bahasa anak Usia 4-5 Tahun Melalui metode Bermain Peran di TK FAQIHUL QULUB
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui metode bermain peran di TK Faqihul Qulub. Latar belakang penelitian ini adalah adanya indikasi bahwa sebagian anak di TK tersebut menunjukkan kemampuan bahasa yang masih perlu ditingkatkan, terutama dalam aspek kosa kata dan kemampuan berbicara. Metode bermain peran dipilih karena dianggap efektif dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui pengalaman langsung dan interaksi sosial yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah anak-anak usia 4-5 tahun di TK Faqihul Qulub. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran secara signifikan meningkatkan kemampuan bahasa anak. Terjadi peningkatan pada aspek kosa kata, kemampuan berbicara, dan pemahaman bahasa anak setelah mengikuti kegiatan bermain peran. Anak-anak menjadi lebih aktif dalam berbicara, memiliki kosa kata yang lebih beragam, dan mampu memahami instruksi dengan lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bermain peran efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Faqihul Qulub. Penelitian ini merekomendasikan agar guru-guru di TK tersebut dapat mengintegrasikan metode bermain peran ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa anak.
Downloads
Abstract views: 30
,
PDF Downloads: 30