Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak 3 - 4 Tahun Melalui Permainan Maze
Abstract
Kemampuan berpikir simbolik merupakan kemampuan diperlukan dalam perkembangan kognitif anak usia dini, terutama dalam mengenalkan simbol geometri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan kemampuan berpikir simbolik anak usia 3–4 tahun melalui permainan maze dalam simbol geometri. Jenis Penelitian yang digunakan ialah tindakan kelas dengan teknik observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak dan satu guru kelas. Hasil analisis menunjukkan peningkatan skor kemampuan berpikir simbolik pada pra-siklus 65% menjadi 74% di siklus 1 dan siklus 2 sebesar 84%. Aktivitas guru meningkat dari 72% menjadi 88%, sedangkan aktivitas anak dari 68% menjadi 85%. Ketuntasan belajar anak juga naik dari 40% menjadi 80%. Peningkatan dipengaruhi oleh pendekatan maze yang bertahap, sehingga mampu meningkatkan minat anak dan memfasilitasi berpikir simbolik. Temuan menariknya, anak lebih mudah menghubungkan bentuk geometri dengan benda nyata melalui permainan maze.
Downloads
Published
Issue
Section

