Meningkatkan Kemampuan Kemandirian Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Di PPT Melati Kecamatan Pakal Surabaya

Authors

  • Hanim Mukholisna Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian anak usia 2-3 tahun melalui metode bercerita dengan boneka tangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang direncanakan dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A (Kelompok usia 2-3 tahun) dengan jumlah responden 8 anak. Penelitian dilakukan di Pos Paud Terpadu (PPT) Melati yang beralamatkan di Jalan Pakal Madya RT.03 RW.02, Kecamatan Pakal, Surabaya. Peneliti ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analasis refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan kemandirian anak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya perubahan kemampuan kemandirian yang rendah menjadi kemampuan kemandirian yang lebih baik atau meningkat melalui metode bercerita dengan boneka tangan dari setiap siklus yang mengalami peningkatan yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-09

Issue

Section

Articles
Abstract views: 6 , PDF Downloads: 5