Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Melalui Media Kartu Pada Anak Usia 5-6 TK Puspita Gunung Anyar Surabaya
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bunyi huruf konsonan melalui
media kartu baca. Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitiantindakan kelas (PTK). pada 13 anak
kelompok usia 5-6 tahun di TK Puspita Gunung Anyar Surabaya melalui penggunaan media kartu baca. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan,pelaksanaan,observasi, Dan hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatankemampuan anakmengenal huruf konsonan dan refleksi.Data dikumpulkan melalui observasi
dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi foto selama kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan media kartu baca evektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal bunyi huruf
kosonan. Sebelum penelitian dilaksanakan 30% anak yang mampu mengenal huruf konsonan,pada siklus pertama
meningkat 50%anak mampu mengenal huruf konsonan dan siklus kedua hampir 80%anak mampu mengenal huruf
konsonan. Peningkatan tersebut terlihat dari lembar observasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media kartu baca
dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang menarik dan evektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal
bunyi huruf konsonan diakhir kata pada anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci: Kemampuan Mengenal Bunyi huruf konsonan, Media Kartu Baca, Anak usia 5-6 Tahun
Abstract
This classroom action research aims to improve the ability to recogrize consonan t sound though thr use of flashcard
media. The risearch method used is classroom action research (CAR), involving 13 children aged 5-6 yearsat TK Puspita
Gunung Anyar Surabaya though the use of flashcard media. This research was conducted in two cycles with
planning,implementation,observation and reflection stages.The results showed an improvement in the abilty to
recognize consonant sounds though observations using observation sheets and photo documentation during the learning
activities. The results indicated that the use of flashcard media was effective in improving the ability to recognize
consonant sounds. Before the researchwas conducted 30% of the children could recognize consonant sounds. In the first
cycle,this increased to 50% and in the second cycle,nearly 80% of the children were able to recognize consonant sounds.
This improvement was evident from the abservation sheets. The study concludes that flahcard media can be an
alternative learning medium that is interesting and effective in improving the ability to recognize consonant sounds at
the end of words for childrenaged 5-6 years.
Downloads
Abstract views: 29
,
PDF Downloads: 27