Peningkatan Kemampuan Pengenalan Huruf Melalui Media Flash Card Huruf Bergambar Pada Kelompok A Di TK Dharma Wanita I Begadung Nganjuk

Authors

  • Desintha Anggraini PG-PAUD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini melalui media flash card huruf bergambar pada kelompok A di TK Dharma Wanita I Begadung, Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 12 anak usia 5–6 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes formatif (pretest dan posttest), kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan mengenal huruf setelah penggunaan media flash card huruf bergambar. Media flash card bergambar terbukti meningkatkan atensi, partisipasi, dan daya ingat anak dalam pembelajaran literasi awal. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan metode pembelajaran yang kontekstual dan menyenangkan di tingkat PAUD, serta kontribusi teoritis dalam memperkuat efektivitas pendekatan multisensori berbasis visual-verbal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-10

Issue

Section

Articles
Abstract views: 9 , PDF Downloads: 5