Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat pada anak usia 4-5 tahun di ppt mentari pakal surabaya
Abstract
Berdasarkan tingkat pencapaian perkembangan pada usia 5-6 tahun motorik halus anak sudah berkembang dengan baik. Tetapi pada kenyatannya sebagian besar anak masih kurang berkembang kemampuan motorik halusnya dan guru belum mengetahui cara yang tepat untuk mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini. Namun, sering kali kegiatan melipat kertas ini tidak sesuai dengan harapan. Hasil lipatan anak berantakan, tidak rapi, dan banyak anak yang meminta bantuan guru untuk membantu melipat dengan kata lain anak tidak mandiri dan tidak tuntas dalam melaksanakan kegiatan, sehingga dalam hal ini, diperlukan kesabaran dari pengajar atau guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas pada anak Kelompok B di Ppt Mentari Pakal Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan motorik halus anak, yang masih memerlukan banyak stimulasi agar keterampilan anak dapat meningkat sesuai dengan laju perkembangan usia anak yang seharusnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, dengan subjek penelitian sebanyak 16 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Dari hasil observasi awal terlihat kemampuan motorik halus anak masih mencapai 40% dengan kategori sangat kurang, akhirnya peneliti menindaklanjuti pada siklus berikutnya dengan beberapa kegiatan melipat sehingga kemampuan motorik halus anak semakin meningkat hingga mencapai 80%. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan melipat dapat meningkatkan kemammpuan motorik halus anak Kelompok B di Ppt Mentari Pakal Surabaya.
Downloads

