Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Dengan Metode Story Telling di TK Islam Al Wahyu Kota Surabaya
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah umtuk mendiskripsikan tentang meningkatkan minat baca anak dengan metode Storytelling pada anak kelas B4 dan B5 di TK Islam Al Wahyu Pucangan I No 17 Surabaya. Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini di TK Islam Al Wahyu Pucangan I No 17 Surabaya masih tergolong sangat rendah, dalam durasi membaca anak dan kemampuan memilih buku anak-anak belum sesuai dari hasil yang diharapkan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan karena selama proses pembelajaran guru hanya menggunakan buku paket bacaan untuk membaca dengan durasi baca yang pendek dan guru jarang menggunakan metode yang menarik. Metedeologi penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang di rancang dalam bentuk siklus yang berulang, yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data ini menggunakan Teknik observasi sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif, untuk menghitung nilai atau skor yang dihasilkan dari data observasi. Subyek penelitian ini adalah anak kelas B4 dan B5 di TK Islam Al Wahyu Pucangan Surabaya yang berjumlah 28 anak. Berdasarkan hasil penelitian siklus I durasi membaca anak adalah 61,6%. Pada siklus II durasi membaca anak menjadi 88,2%, meningkat 26,6% dari siklus sebelumnya dan melebihi dari kriteria keberhasilan sebesar 71%. Berdasarkan penelitian Story Telling dapat meningkatkan minat baca anak kelas B4 dan B5 di TK Islam Al Wahyu Pucangan Surabaya.
Downloads

