Upaya Meningkatkan Numerasi Angka Dengan Media Number Wheel Di Pos Paud Terpadu (PPT) Melati Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan kemampuan numerasi angka pada anak usia 3-4 tahun dengan media number wheel (kincir angka) . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang direncanakan dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B (Kelompok usia 3-4 tahun) dengan jumlah responden 8 anak. Penelitian dilakukan di Pos Paud Terpadu (PPT) Melati yang beralamatkan di Jalan Pakal Madya RT.03 RW.02, Kecamatan Pakal, Surabaya. Peneliti ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Number Wheel (kincir angka) dapat meningkatkan kemampuan numerasi anak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya perubahan kemampuan numerasi yang rendah menjadi kemampuan numerasi yang lebih baik atau meningkat melalui bahwa media Number Wheel (kincir angka) dari setiap siklus yang mengalami peningkatan yang signifikan.
Downloads

