PENGARUH MUSIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT CAHAYA BUBUTAN-SURABAYA
Abstract
Musik merupakan seni yang melukiskan pemikiran dan perasaan manusia melalui keindahan suara yang memiliki
irama teratur, dan nada -nada yang teratur. Anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan lebih berkembang
kecerdasan emosionalnya di bandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. Berdasarkan observasi, pada
anak usia 3-4 tahun tahun di PPT Cahaya Bubutan Surabaya adanya kecenderungan pengembangan emosional yang
berpusat pada guru dan metode pembelajaran yang klasik, hanya bercakap-cakap dan tanya jawab, itu yang
mengakibatkan pembentukan anak menjadi kurang maksimal. Hal ini yang menjadi latar belakang penelitian di PPT
Cahaya Bubutan Surabaya. Musik dan anak mempunyai hubungan yang sangat dekat, karena semua anak pasti suka
mendengarkan musik. Manfaat musik yaitu untuk meningkatkan kecerdasan anak. Usia yang cocok untuk
mengembangkan kecerdasan emosi melalui mendengarkan musik adalah usia tiga sampai enam tahun, karena pada usia
ini merupakan masa terbaik pada perkembangan pendengaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh music terhadap kecerdasan emosional anak usian3-4 tahun tahun di PPT Cahaya Bubutan Surabaya. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah musik itu berpengaruh terhadap kecerdasan emosional anak usia 3-4 tahun tahun di PPT Cahaya Bubutan Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs dan jenis One-Grup Pretest-Posttest Design dengan membandingkan keadaan sebelum diberi perlakuan Pretest dan sesudah diberi perlakuan Posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Teknik
sampling jenuh. Sampel dari penelitian ini adalah 17 anak dari seluruh anak usia 3-4 tahun. Teknik analisis yang
digunakan adalah Teknik analisis statistic nonparametik dengan Wilcoxon Match Pairs Test (Uji jenjang Bertanda
Wilcoxon) Berdasarkan hasil penelitian rata-rata tingkat kecerdasan emosional anak sebelum treatment 34,41 dan sesudah
treatment 41,88. Hasil uji jenjang bertanda Wilcoxon juga menunjukkan Thitung adalah 0 dan Ttable adalah 23. Dimana
Thitung < Ttable yaitu 0<23 (α=0,01), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh
signifikat music terhadap kecerdasan emosional anak usia 3-4 tahun di PPT Cahaya Bubutan Surabaya.
Downloads

