PENGARUH MUSIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT CAHAYA BUBUTAN-SURABAYA

Authors

  • purwandari ningsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Musik memiliki pengertian yaitu sebuah seni berupa keindahan suara yang memiliki irama dan nada-nada yang teratur yang dapat melukiskan pemikiran dan perasaan manusia. Anak akan lebih berkembang kecerdasan emosionalnya jika terbiasa mendengarkan musik sejak kecil dibanding dengan anak yang jarang mendengarkan musik. Berdasarkan observasi, terdapat kecenderungan yang berpusat pada guru dengan metode pembelajaran yang klasikal seperti bercakap- cakap, tanya jawab, dan bercerita yang mempengaruhi pengembangan emosional pada anak usia 3-4 tahun di PPT Cahaya menjadi kurang maksimal. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian ini dilakukan. Semua anak pasti suka mendengarkan musik, karena musik dan anak memiliki hubungan yang sangat dekat. Musik juga memiliki manfaat yaitu meningkatkan kecerdasan anak. Usia 3- 6 tahun merupakan usia yang cocok untuk mengembangkan kecerdasan emosi melalui mendengarkan musik, karena pada usia ini adalah masa terbaik perkembangan pendengaran pada anak. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh musik terhadap kecerdasan emosional anak usia 3-4 tahun di PPT Cahaya Surabaya. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah musik itu berpengaruh terhadap kecerdasan emosi anak usia 3-4 tahun di PPT Cahaya Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Grup Pretest-Posttest Design. Dengan membandingkan keadaan sebelum diberi perlakuan (Pretest) dan sesudah diberi perlakuan (Posttest). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Sampel dari penelitian ini adalah 12 anak dari seluruh kelompok B di PPT Cahaya. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t (paired sample t-test) dengan bantuan program SPSS versi terbaru. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan t hitung adalah 0 dan t tabel adalah 7. Dimana t hitung < t tabel yaitu 0 < 7 (a=0,01), sehingga Ho ditolak Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan musik terhadap kecerdasan emosional anak usia 3-4 tahun di PPT Cahaya Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-10

Issue

Section

Articles
Abstract views: 4 , PDF Downloads: 5