Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Big Book Pada Anak Usia 4-5 Tahun di PPT Melati Surabaya
Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Big Book Pada Anak Usia 4-5 Tahun di PPT Melati Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan bahasa melalui metode bercerita dengan media big book. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun berjumlah 13 orang. Lokasi penelitian dilaksanakan di PPT Melati Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan dengan teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan yaitu apabila skor rata-rata kelas dalam meningkatkan kemampuan bahasa mencapai 80%. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak sebelum pelaksanaan siklus diperoleh 55%. Sedangkan hasil siklus I diperoleh persentase sebesar 64%. Dan setelah dilakukan refleksi dari hasil siklus I, maka dirasa perlu untuk dilanjutkan ke siklus II. Setelah siklus II dapat dilihat kemampuan bahasa anak mengalami peningkatan yang signifikan yaitu persentasenya sebesar 83%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan bercerita dengan media big book dapat membantu secara efektif meningkatkan kemampuan bahasa untuk anak usia 4-5tahun di PPT Melati Surabaya.
Downloads
Abstract views: 29
,
PDF Downloads: 22