Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Bendera Pada Anak Kelompok Usia 3-4 Tahun di PPT Tunas Harapan Bangsa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mengenal warna pada anak 3-4 tahun melalui kegiatan mewarnai bendera di PPT Tunas Harapan Bangsa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian 15 anak kelompok A yang terdiri dari 6 perempuan dan 9 laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mewarnai gambar bendera dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak, dengan rata-rata pemahaman mencapai 83,68% pada siklus kedua. Peningkatan ini disebabkan oleh materi yang disampaikan dengan jelas, suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan, serta pemberian pujian atau penghargaan kepada anak. Temuan ini mendukung pentingnya penggunaan metode eksperimen dan media visual dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep warna
Downloads
Abstract views: 55
,
PDF Downloads: 36